Tabungan Berjangka: Investasi Murah dan Mudah




Tabungan Berjangka: Investasi Murah dan Mudah

 Photo: pixabay.com

Saat ini lagi marak anak-anak muda yang ngelirik investasi. Terutama buat mereka yang sudah punya pekerjaan. 

Berkembangnya jaman, juga membuat perkembangan jenis investasi yang dipilih. eits, jangan salah ya sis, kita yang muda-muda juga bisa kok berinvestasi. 

‘Engga punya duit lebih nih buat investasi’
‘Duh… takut kena tipu akh’
‘Itu mainnya saham bukan?’
‘bisa dipake buat modal kawin engga ya?’ 

Sis, sekarang ini kita ga perlu takut lagi berinvestasi. Ditambah, ada beragam jenis investasi yang bisa kita pilih. Plus lainnya hasil investasi bisa bebas kita pake untuk keperluan apapun. Buat biaya tambahan jalan-jalan, bekal umroh, jadi DP motor, bahkan sampe biaya kawin juga bisa banget. 

Salah satu jenis investasi yang ingin saya sharing adalah Tabungan Berjangka

Saat ini sudah umum di masyarakat kita mengenal investasi dalam bentuk tabungan di Bank. Artinya kita udah engga asing lagi sama bentuk investasi ini. Pembayaran gaji kita, untuk transaksi bisnis online, belanja online dan keperluan lain-lain saat ini banyak yang menggunakan kartu ATM yang kita peroleh setelah kita membuka rekening di Bank tertentu. 

Berbeda dengan tabungan di atas yang menyediakan kartu ATM sehingga memudahkan kita menarik uang sewaktu-waktu, Investasi jenis Tabungan Berjangka agak sedikit berbeda. 

Kenapa berbeda? Saya jelasin sedikit ya.
Tabungan Berjangka itu adalah salah satu jenis tabungan yang ada di Bank, dimana kita menyetorkan sejumlah uang tabungan dalam jangka waktu tertentu disertai dengan penandatanganan kontrak dengan Bank sebagai tanda persetujuan kita dengan Bank dan tanpa adanya kartu ATM. 

Meskipun begiitu, kita masih bisa menarik uang kita sewaktu-waktu. Cuma ya itu, akan dikenakan sejumlah dana pinalti (baca:denda) karena kita melanggar kontrak awal yang sudah kita tanda tangani. Engga mau kan? baru nabung 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) udah kita tarik trus kena pinalti pula, jadi engga dapet apa-apa kita nya.  

Makanya, saran saya, jangan tergiur buat ngambil uang sebelum jangka waktu yang kita setujui. Itung-itung belajar pengendalian diri. Bersabar, karena kata pepatah ‘kesabaran itu berbuah manis’. Harus bikin komitmen di diri ya sis, duitnya mau kita pake untuk apa. Jadi planningnya jelas dan engga akan bikin kita sembarangan buat ngambil si duit tabungan itu. 

 Photo: pixabay.com

‘Apa untungnya nabung. dengan jenis Tabungan Berjangka?’

Ada beberapa keuntungan yang sissy bisa dapetin dengan menabung jenis Tabungan Berjangka ini, yaitu:

  1. Sissy akan terdorong untuk membiasakan diri menabung;
  2. Tabungan Berjangka itu tanpa resiko, jadi ga perlu takut menabung karena Tabungan Berjangka bakalan dilindungi oleh Bank yang bersangkutan bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga bisa dipastikan tabungan sissy bakalan aman terlindungi bahagia dan berkembanga sejahtera*yay;
  3. Adanya bunga yang kompetitif yang ditawarkan oleh Bank;
  4. Sebagai bentuk investasi termudah yang bisa kita siapkan untuk keperluan di masa depan (menikah, jalan-jalan, ibadah dan lain sebagainya);
  5. Adanya beragam hadiah yang disiapkan oleh Bank tertentu untuk pembukaan rekening jenis Tabunga Berjangka ini; dan
  6. Adanya fitur tambahan asuransi jiwa yang di berikan oleh Bank tertentu jika membuka rekening untuk jenis Tabungan Berjangka. Jadi semakin aman dan tenang kan ya, 


Photo: pixabay.com

‘Jumlah setorannya pasti besar’

Eits.. tenang sis, untuk jenis tabungan ini, sissy hanya perlu menyisihkan minimal 100.000 (seratus ribu) saja kok. Jadi, dengan uang 100.000 (seratus ribu) saja kita sudah bisa punya tabungan. Enggak perlu nunggu gaji besar dulu baru menabung, bahkan anak sekolahan pun bisa nabung juga lo, bisa banget! tinggal menyisihkan dari bekal harian, mingguan atau bulannya doang.*ayo nabung

Jadi, ilustrasinya gini biar sis makin paham.
Misalkan, saya mau menabung 200.000 (dua ratus ribu rupiah) setiap bulan selama 2 (dua) tahun yaitu dari bulan oktober tahun 2017 sampai dengan oktober 2019. Setelah saya menyelesaikan kewajiban saya menabung, saat jatuh tempo bulan Oktober 2019, saya akan memperoleh sejumlah uang. Nah, uang itu berasal dari setoran 200.000 saya setiap bulan ditambah dengan bunga. 


‘Bunganya berapa sih?’

Besaran bunganya juga tergantung dari jumlah nominal yang kita setorkan ditabambah dengan jangka waktu tabungan. Jadi semakin besar setoran dan semakin panjang jangka waktu yang kita pilih, bunganya akan semakin besar. Sissy juga harus mempertimbangkan Bank yang akan dipilih untuk menabung, karena setiap Bank memiliki ketentuan bungan Tabungan Berjangka yang berbeda-beda. 


‘Trus gimana caranya kalo mau buat Tabungan Berjangka?’

Gampang banget sis. Sissy Cuma perlu ngelakuin hal ini:

  1. Siapin KTP/SIM intinya identitas diri;
  2. Siapin sejumlah uang sebagai setoran awal sesuai ketentuan Bank yang sis pilih;
  3. Berangkat ke Bank yang sudah dipilih, ambil nomor antrian Customer Service (CS);
  4. Setelah dapet panggilan sesuai nomor antrian, sebutin tujuan kita untuk membuka Tabungan Berjangka, nanti akan dijelaskan beragam jenis Tabungan Berjangka yang bisa sis pilih;
  5. Setelah menentukan jenis Tabungan Berjangka, sis bakalan dikasi formulir aplikasi pembukaan rekening yang harus diisi sesuai dengan KTP/SIM;
  6. CS kemudian akan menjelaskan perhitungan besaran dana yang akan sis peroleh sesuai dengan besaran dana yang sis setorkan setiap bulannya;
  7. Jika sudah sis pahami dan setujui, CS akan memproses tabungan dan sissy akan menerima buku Tabungan Berjangka untuk melihat progres pengembangan dana sissy setiap bulannya. 


Photo: pixabay.com
 
Positifnya, untuk jenis Tabungan Berjangka ini tidak akan ada ATM, jadi sissy engga perlu takut tergoda buat ngambil duitnya ya. 

Negatifnya saat kita mendadak butuh uang, tabungan ini tetap bisa kita tarik sewaktu-waktu tapi akan dikenakan sejumlah pinalti tertentu karena kita menarik mendahului dari kontrak perjanjian yang kita sebelumnya telah kita setujui.

Intinya, membiasakan diri menabung sedari dini itu baik. Karena dengan punya kesadaran untuk menabung, kita bisa mempersiapkan segala sesatunya dengan lebih teliti dan terencana. Jadi hidup kita akan lebih berpola dan terarah ke kehidupan yang lebih baik lagi. 

Yuk nabung dari sekarang karena tidak ada kata terlambat untuk memulai kebaikan untuk hidup kita. 


Posted By: Ni Nyoman Ayu Karyani |  7 Oktober 2017

Komentar

  1. Dari dulu pengen ikutan tabungan berjangka belom aja nih aku. Padahal kalo dari dulu di mulai aja, udah mending kali ya tabungannya 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mba eni, dimulai dri skrg juga ga trlmbat kok.. jd bisa dpke buat tabungan pendidikannya dede zaki kan? Hihi lumayan

      Hapus
  2. Aku malah baru tau tabungan berjangka. Wkwkwk. Iya Ayu aku belum ada tabungan huhu sedih banget, padahal biaya sekolah makin mahal aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo teh diprepare dri skrg mmpung krucil2 msh kcil.. smkin dini mempersiapkan smkin baik hehe

      Hapus
  3. wah baru tau nih mba, jadi kalau gak ada Atm nya pasti gak bakal tergoda buat nagmbil..jadi tabungannya bisa tetap aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uya teh.. hihii klo msh ad atm biasanya lebih gampang bgt kegoda buat ngmbil duit.. klo dg tbungan berjangka agak bsa sdkit menahan diri.. kan repot jg msti ke bank buat narik dtmbah ad pinaltinya klo ngmbil sblm jangka waktu yg udh disepakati..

      Hapus
  4. hehehhe bener banget mba, aku juga ikutan tabungan berjangka nih buat saving, lumayan ga kerasa ko saat nabung karena langsung terpotong dari ATM saat gajian, kalo sengaja nabung kan kadang susah juga, luamayan untuk investasi di waktu tertentu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii iyaaa sama wi.. soalnya bisa autodebet juga, jd emg bner2 ga krsa kalo kita lgi nabung

      Hapus
  5. Pengen banget punya tabungan, memng penting banget sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo mba itha dimulai nabung dri skrg.. g ad kata terlambat lo mba

      Hapus
  6. Udah pengalaman ikut tabungan berjangka ya Yu? Biaya adm nya tinggi kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ad biaya admin setauku dha soalnya kita g pke atm.. biaya administrasi itu muncul krna adanya atm.. klo tbungan berjangka kita malah dpet bunga dha..
      cm ya itu, besaran bunga tergantung dri bank yg kita plih dan nominal yg kita setor stiap bulannya

      Hapus
  7. Nice info mba yu, lumayan wat nabung anak2 sekolah nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh.. kalo udh dimulai dari sekarang, bakalan lebih keliatan nnti hasilnya begitu anak-anak gede.. hihii

      Hapus
  8. Aku juga lebih tertarik sama tabungan berjangka Mba. Terutama untuk biaya pendidikan anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ga brsa nabungnya ya teh.. eh tau2 udah banyak aja, trus trnyta udh jatuh tempo.. *prok-prok* lumayan kan ya buat emak2.. jadi prepare bu anak-anak lebih terencana lagi..

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini, tinggalkan jejak-jejak yang baik ya sis..

Postingan Populer

Alumni 30 Hari Jago Blogging

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger