15 Jenis Makanan yang Tinggi Kandungan Alkaline


15 Jenis Makanan yang Tinggi Kandungan Alkaline

Beragamnya jenis buah-buahan dan sayuran yang ada di Bumi kita ini patut kita syukuri. Betapa tidak? Tuhan dengan keagungannya menciptakan beragam makanan yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

Diantara beragam jenis makanan tersebut, terdapat buah dan sayuran yang memiliki kandungan Alkaline yang paling tinggi.  

Mengapa Alkaline? Karena alkaline mengandung pH yang tinggi (baca: biasanya pH 8 ke atas) sehingga tergolong memiliki kandungan Basa. Kandungan ini dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Kondisi tubuh yang Asam biasanya mudah terserang penyakit. Oleh sebab itulah, kita senantiasa perlu mengkonsumi makanan yang tinggi akan kandungan Alkanine untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi Basa sehingga sistem imun dan organ penting yang ada di dalam tubuh dapat berfungsi dengan optimal.

Nah untuk itu, kali ini saya akan sharing 15 makanan yang paling kaya akan Alkaline. Apa saja? yuk kita simak,

Olive Oil (Minyak Zitun)
Minyak ini kaya akan monounsaturated fat (lemak tak jenuh tunggal) yang berfungsi untuk mengusir lemak jenuh agar tidak menyumbat aliran darah. Selain itu, di dalam minyak zaitun juga mengandung vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan sehingga dapat menunjang kinerja organ tubuh.


Photo : pixabay

Melon
Melon memiliki pH 8.5 yang berarti kandungan Basanya cukup tinggi. Di dalam melon, juga terkandung 92% air yang berfungsi untuk membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita. Selain kandungan Basanya dan air yang tinggi, melon juga kaya akan serat yang berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh kita.

Anggur
Di dalam buah yang mungil ini, ternyata juga mengandung alkaline yang cukup tinggi. Diantaranya kaya akan antioksidan dan multivitamin.

Jeruk
Tingginya kandungan vitamin C dalam buah ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Buah-buahan yang mengandung kata berry
Buah-buahan ini diantaranya blueberry, strawberry, blackberry kaya akan antioksidan yang baik untuk memperlambat dan mencegah penuaan sel-sel tubuh.


Photo : pixabay

Lemon
Lemon sangat baik bagi tubuh untuk mengobati demam dan flu.

Wortel
Kandungan dalam wortel yang kaya akan beta-carotene ini berfungsi sangat baik untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.

Mangga
Kandungan yang terdapat di dalam buah mangga ini sangat baik untuk membersihkan usus besar.

Pisang
Pisang sering disebut-sebut sebagai buah yang kaya akan vitamin dan kandungan yang baik untuk tubuh. Diantaranya, sebagai makanan diet karena dapat menurunkan berat badan. Selain itu juga mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan akibat obesitas, membantu memproduksi sel darah putih, meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Maka itu, pisang sering disebut sebagai ‘super food’.

Bawang Putih
Bawang berjenis bawang putih sangat baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah dalam tubuh sehingga kondisi tekanan darah dalam tubuh tetap stabil dan terkontrol. Untuk itu konsumsi bawang putih yang cukup untuk tetep menjaga tekanan darah tetap stabil dalam tubuh.

Nanas
Bagi yang ingin menurunkan berat badan, buah ini sangat baik untuk dikonsumsi. Selain tinggi akan Alkaline, buah ini juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Alpukat
Alpukat juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal layaknya minyak zaitun. Jadi, konsumsi cukup buah alpukat untuk tetap menjaga kelancaran aliran darah dalam tubuh ya sis.

Brokoli
Sayuran hijau seperti pohon beringin ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Mentimun
Mentimum kaya akan air. Kandungan air dalam mentimun mencapai 90% sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi mencegah kulit dari kekeringan. Tapi untuk kita yang wanita, jangan terlalu banyak mengkonsumsi mentimum ya sis, karena bisa memicu timbulnya keputihan.


Photo : pixabay

Jeruk Bali
Jeruk ini kaya akan vitamin A yang baik untuk mata dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Nah, untuk itu yuk mari kita konsumsi sayuran dan buah-buahan seperti di atas untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Karena tubuh yang sehat akan menghasilkan pikiran yang sehat, dan dapat memberikan pengaruh positif bagi diri dan lingkungan sekitar kita.

Posted By: Ni Nyoman Ayu Karyani


Komentar

  1. Indramayu tiap hari ada mangga lo. Tp saya ga terlalu makan mangga. Suka nya yang ber berry tp susah dicari. Nice post. Keep up the good work

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii imdramayu g terkenal sma mangga ya mba yen..
      Klo keluarga berry emg rda susah dcri kcuali di mall2 besar mba yen.. tapi wlpun g ad si berry dan sodara, kerabat yg lain yg gampang dicari jg msh ada, si anggur hitam, merah sma hijau
      Akhh mksi ya mbak.. smga tulisannya bermnafaat hihi,

      Hapus
  2. hampir semuanya aku suka nih, kecuali wortel aja..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhh syang teh klo g suka wortel.. manfaatnya bnyk bgt lo pdhal.. vitamun A nya terutama yg bkin makin cling bening berkilau mata cantik kita teh..
      nnti cb di bkin mix juice sma buah lain yg sekira teteh suka yaa ..

      Hapus
  3. Aku tuh.. paling males makan buah... :(
    Mending di suruh makan bakso aja deh.. hehe..
    To sesekali tetep makan kok. Karena takut juga ngefek ke tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhh jgnlah teh.. hrus mulai dibiasain dri skrg.. makan buah itu kan mmperlancar pencernaan.. baik buat kshtan tubuh kita juga..

      Hapus
  4. hihihi aku suka semua buah dan sayur, tapi jarang makannya karena kelupaan dan terlalu cuek buat sengaja nyediain sayuran atau buah buahan di rumah, padahal itu penting banget ya untuk kesehatan kita, jadi reminder nih, makasih mba Ayu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama tiwi syang.. semoga tulisannya bermanfaat yaa..

      Hapus
  5. Aku suka banget anggur dan alpukat. Ternyataemang banyak manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sama ya mba, ayu juga doyan banget sma anggur..
      semoga artikelnya bermanfaat ya mba..

      Hapus
  6. Wow aku baru tahu kalau sebagian besar buah yang kusuka, banyak yang mengandung alkaline :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mknya ridha pasti jarang skit kan?
      Hehe
      Semiga artikelnya bermanfaat ya dha

      Hapus
  7. Waaah...itu makanan kesukaan aku semua..hihi..kecuali zaitun. Blm pernah nyoba.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. minyak zaitun mgkin bisa dipake pengganti minyak goreng gtu teh.. atau pas bkin salad bisa juga ditambahin minyak zaitun.. buat kulit aja bagus, apalagi dikonsumsi..

      Hapus
  8. Yang paling sering dikonsumsi sih melon, pisang, alpukat sama mentimun. Yang lainnya jarang Mba, apalagi minyak zaitun:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba deh yang lainnya juga teh.. buat kshtan lo itu, menjaga kan katanya lebih baik daripada mengobati teh.. hihii

      Hapus
  9. Aku suka banget jeruk bali, wah mudah mudahan suatu saat bisa makan jeruk bali di bali beneran, heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii amiin.. semoga nnti bisa makan jeruk bali di bali sambil dateng ke nikahanku ya teh.. hihii aamiinnnn

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini, tinggalkan jejak-jejak yang baik ya sis..

Postingan Populer

Alumni 30 Hari Jago Blogging

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger