Crochet atau Knitting?



Photo By : pixabay.com


Crochet atau Knitting? 

Crochet adalah salah satu jenis seni kerajinan tangan yang mengaitkan benang dengan menggunakan alat yang ujungnya bengkok yang dinamai hakpen/hook.

Salah satu jenis hook yang terbuat dari plastik 
Photo By : pixabay.com

Sedangkan knitting adalah salah satu jenis seni kerajinan tangan yang mengaitkan benang dengan alat rajut seperti sumpit atau tusuk sate *duh jadi laper* yang sering disebut needle. Dimana salah satu ujungnya lancip dan di sisi lain berisi benjolan yang dimaksudkan agar hasil rajutan enggak melebihi panjang needle. Jadi rajutannya enggak akan lepas.

Salah satu jenis needle dari kayu
Photo By: pixabay.com

Crochet berbeda dengan knitting walaupun sama-sama seni kerajinan tangan dengan mengaitkan benang. Perbedaannya terletak pada hasil rajutan dan alat yang dipake.

Kalo crochet pola benang lebih terlihat jelas dan lebih banyak menghabiskan benang daripada knitting. Alat yang digunakan untuk crochet hanya satu yaitu hakpen/hook yang ukurannya beraneka jenis tergantung dari besar benang yang kita gunakan.

Salah satu contoh hasil crochet
Photo By: pixabay.com

Sedangkan knitting lebih hemat di benang dan hasil rajutannya seperti hasil rajutan pake mesin itu loh. Knitting menggunakan dua neddle bahkan lebih dengan ukuran yang beragam sesuai dengan pola yang akan dibuat. 

Hasil knitting lebih rapat
Photo By:pixabay.com

Saya mulai menyukai crochet dari tahun 2016. Jadi masih bisa dibilang newbie dalam dunia crocheting. Yang jadi pertanyaan, kenapa saya lebih memilih crochet daripada knitting?

Pertama, karena waktu awal belajar saya merasa lebih mudah belajar crochet. Pikiran saya saat itu knitting cukup sulit karena menggunakan dua jarum bahkan lebih. Sementara crochet  cukup menggunakan satu hook saja.*praktis*

Kedua, hasil crochet *menurut saya* lebih terlihat sebagai sebuah hasil kerajinan tangan karena pola benang lebih terlihat.  

Ketiga, dengan crochet bisa menggunakan pola knitting sehingga hasilnya juga serupa dengan hasil knitting. Jadi bisa belajar dua teknik dengan satu alat. *waoooo*

Keempat, jika kita ga bisa menyelesaikan rajutan saat itu juga, hook bisa dilepas dari hasil rajutan. Aduh, entar rajutannya lepas dong? kan belom kelar *usap-usap*
Eits.. tenang, ga akan lepas kok hasil rajutannya. Tinggal di tarik agak panjang aja benangnya biar seolah terikat. Ditarik agak kenceng ya sis, biar ga gampang lepas kalo rajutannya di letakin dimana-mana. Jadi hooknya bisa disimpen ke tempatnya tanpa harus ngerusak gulungan benang dan rajutan kita.  

Kelima, menurut saya lagi nih ya sis, lebih cepet menyelesaikan rajutan dengan teknik crochet. Cuma memang hasilnya engga serapat kalo pake teknik knitting.

Jadi, sissy mau pilih teknik yang mana nih? sharing yuk



Posted By : Ni Nyoman Ayu Karyani | 5 Oktober 2017  

Komentar

  1. Ternyata beda ya..kirain aku sama aja 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, emg rada beda,
      Kalo teh mila suka yg mana nih? Crochet atau knitting teh?

      Hapus
  2. Ternyata beda ya..kirain aku sama aja 😊

    BalasHapus
  3. Aku ga ngerti ya ampun, aku kok ga cewe banget sih. Hihi. Aku suka tapi bahan2 handmade begini. Jadi inget, dulu waktu kifah lahir, temenku hani bikinin sweater buat kifah bayi. Sweet banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg lgi bkinin ponakan tmn dikntr sepatu boot bayi teh.. hihi. Tmn2 dkntr lgi pada gila ngerajut

      Hapus
  4. Balasan
    1. Ayo mbak itha sama2 belajar.. ayu jg msh baru nih mba

      Hapus
  5. Istilah crochet & knitting malahan baru tau pas baca blognya Mba Ayu,hehe. Baru terjun ke dunia craft setelah punya anak Mba, itu juga hnya bbrp craft yg simple2 aja. Saya dulunya tomboy Mba, lbh seneng sama hobinya anak cowo, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dunia crafting seru kan ya teh? Ga bikin jenuh.. bkin ketagihan coba kreasi baru..

      Hapus
  6. Seru banget mba Ayu, ternyata ada beberapa jenis merajut ya hehe baru tau, keren infonya, semoga besok besok ada waktu buat belajar

    BalasHapus
  7. Selalu pengen bisa bikin beginian. Tapi kelemahan aku tuh di seni yang menggunakan keterampilan tangan. Hmmm... gak ada rapih2 nya.. xixii keren Ayu.. lanjutkan !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhhh maaci mba reni..
      ih gpp lagi mba.. klo ngerajut itu rapimya siring berjalan waktu.. semakin sering dkerjain hsilnya bakalan smkin rapi.. kan kita udh mlai belajar teknik tekniknya biar hasil kita jd bgus..
      ayu jg sbnernya ga bisa lo mba.. cm niat pgen bisa ngasilin karya andri itu yg bkin jd gregetan buat bljr hehe

      Hapus
  8. Pengen banget belajar, tapi pengen didampingi langsung Yu. Aku suka bingung klo cuma baca hiks haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii iya dha.. sbelumnya cb seraching video di youtube aja .. tonton dlu, nnti klo serasa udh bisa, baru dicoba.. semangat2.. aku jg dlu nonton2 di youtube dha hihii..

      Hapus
  9. Aslinya, saya baru tau bedanya crochet dan knitting..dikira sama aja..hihi di kira sama aja...waktu kuliah pernah belajar juga knitting, cuma ya ampun istilah sundanya mah "pakujut" /kusut si benangnya teh...

    Btw, setuju banget sama poin2 yang mba ayu sebutkan diatas, crochet lebih mudah daripada knitting :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi jangan salah teh fau, crochet juga bisa banget bkin benang kusut,, wkwkwk cm ya gitu, emang menurut ayu pribadi lebih ngasikin crochet..

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini, tinggalkan jejak-jejak yang baik ya sis..

Postingan Populer

Alumni 30 Hari Jago Blogging

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger