Cerita Haru 'Nogi' dan 'Gale' Melawan Distemper



Cerita Haru ‘Nogi’ 
si Pomeranian yang Setia Menenemani Sahabat
Siberian Husky ‘Galene’ 
hingga Sembuh dari Distemper


Anjing menurut saya adalah ciptaan Tuhan yang terlucu, terimut. Dia terkadang seolah paham saat kita sedih, senang atau marah. Anjing juga tipikal binatang yang setia. Banyaknya berita di medsos yang nyebutin bahwa anjing menyelamatkan sebuah keluarga dari serangan ular sampe dia rela mati biar keluarga itu aman.

Enggak usah jauh-jauh. Anjing kakak saya, ‘Galene’  (baca: nama anjingnya) yang berjenis Siberian Husky juga sempat mengalami kejadian serupa. Tapi syukurnya enggak sampe mati. Kadang ngeri-ngeri takut juga ngeliat dia seberani itu sama ular. Entar kalo dia dipatok gimana? *amit-amit

Bahkan ga Cuma ular, kadang alu (baca: biawak) yang lewat kerumah juga suka dibikin pingsan sama si Galene. Dia juga enggak kalah sama kucing saat berburu tikus*haha

Jenis Siberian emang punya insting buat berburu. Walaupun instingnya kuat buat berburu, tapi dia ramah banget sama manusia. Apalagi ‘galene’ yang nota bene anjing perempuan. Dia lebih ganjen sama laki-laki loh, tapi entah kenapa kalo sama sesama Husky jantan dia ga begitu doyan.

Sempet beberapa waktu lalu, si Galene sempet tiba-tiba lesu, ga mau makan, kerjaannya tidur melulu. Kebetulan saat itu anjing saya ‘Nogi’ yang berjenis pomeranian juga suka main sama Gale. Kakak saya curiga, diajaklah Gale (baca: panggilan kami untuk Galene) ke klinik terdekat. 

Saat itu, Nogi juga ikut pergi nemenin Gale check-up. Setelah di check ternyata Gale positif distemper. Karena semua ciri-ciri penyakit ini ditemukan di Gale. Emang gimana sih ciri anjing kita kena distemper? Nah, distemper itu gejalanya, anjing bakalan lesu, males makan, matanya pecehan (baca: belekan), disertai juga diare sama muntah. Jadi sis, buru-buru di cek ya anjingnya kalo sekiranya ngerasa gejala yang saya sebutin di atas tadi terlihat di anjing sissy.

Untungnya waktu itu dapet penanganan yang bagus. Gale langsung diinfus buat ngeganti cairan dia yang hilang karena nafsu makannya berkurang. Ya mirip kita lah, kalo sakit di Infus. Dan hoalaaaa biaya infusnyadan kawan-kawannya lumayan eiimm bukan ratusan ribu lagi, tapi udah masuk kategori jutaan.

Waktu itu bener-bener waktu terkritis yang pernah ada buat Gale. Kami (baca: saya dan kakak) berusaha sebaik mungkin buat mulihin kondisi Gale. Karena sebelumnya kami sempat manggil dokter hewan kerumah buat ngecek Gale dan si dokter sampe bilang Gale udah pasti bakalan mati.

Duh, tega ya ngomong gitu.

Kami ga mau  terima gitu aja omongan si dokter itu. Kami beliin Gale air kelapa muda buat gantiin cairan tubuhnya. Dia mau minum sih, tapi sedikit banget, itu juga kita bantuin buat minum pake suntikan tapi tanpa jarumnya.

Cuma hari itu aja dia minum, selanjutnya ga mau lagi. Kami ga kehabisan akal, kami search cara apa lagi yang bisa dilakuin sampe kami nemu kalo madu dan telor bisa di pake buat nambahin staminanya. Akhirnya kami coba itu dan kami pasrah. Kami udah berusaha semampu kami buat nyelametin Gale.

Selama Gale lemes engga mau makan Nogi selalu setia nemenin. Diajak becanda-becanda tapi Gale tetep aja lesu. Sampe akhirnya Gale agak sedikit pulih,  setelah kami kenceng ngasi Gale madu plus telor itu dan doa yang enggak putus buat Gale biar dia bisa sembuh. Jalannya juga udah mulai agak normal walaupun masih loyo-loyo dikit, ga diduga-duga Nogi yang giliran lemes.

Kakak juga engga kepikiran buat ngecek Nogi waktu Gale ke klinik. Habisnya Nogi masih energik banget waktu itu walaupun udah ga mau makan juga.

Saat Gale mulai memulih, giliran Nogi yang makin lemes, enggak mau makan, sesekali muntah, dan terakhir berak darah. Waktu itu kakak masih ngebuka jarum infus yang masih kepasang di kaki Gale. Maunya saat itu ngajak Nogi ke klinik. 

Saya udah khawatir banget, ga bisa pergi juga sendirian. Sambil nunggu kakak saya selesai ngebuka jarum infus, saya gendong Nogi. Saya ajak dia bicara layaknya dia paham apa yang saya bilang. Saya ajak ke merajan (baca: tempat beribadah hindu di rumah) sambil berdoa agar Nogi juga bisa pulih seperti Gale.

Belum selesai kakak saya membuka jarum di kaki Gale, Nogi mulai kejang, saya mulai bingung, saya kuatkan Nogi. Saya bilang ‘nogi kuat, nogi kuat, bentar lagi kita ke klinik sayang, bentar lagi nogi dapet obat. Kuat ya sayang’ terus komat kamis gtu di telinganya dari awal sampe akhirnya dia kejang.

Bener-bener nyesek dan sedihenggak ketulungan, Nogi menghembuskan nafasa terakhirnya di pelukan saya. Nafasnya udah enggak bisa saya rasain lagi. Saya guncang badannyasampe akhirnya saya tahu, Tuhan lebih sayang Nogi buat ada disampingnya daripada disamping saya. Tuhan terlalu sayang sampe beliau enggak mau liat Nogi kesakitan. Tuhan terlalu sayang sama Nogi karena dia udah begitu kuat selama ini nahan sakitnya dan tetep ceria buat nyemangatin Gale buat sembuh.

Saya langsung lemes, duduk tergeletak sambil meluk Nogi. Air mata enggak berenti ngalir. Ngerasa gagal jaga dia selama ini. Ngerasa gagal ga bisa ngerawat dia dengan baik. Saya ga bisa begtu aja ngajak Nogi ke klinik karena waktu itu sya masih kuliah, saya ga pnya ckup dana buat dana pengobatan Nogi. Disana saya bener-bener ngerasa kecewa dan marah sama diri sendiri.

Saya nangis sejadi-jadinya, meluk Nogi, berharap dia Cuma pingsan trus bisa balik lagi ke kami. Saat itu saya sadar. Nogi yang nyelametin Gale. Dia yang ngegantiin posisi sakitnya Gale.

Gale saat itu seolah sadar kalo Nogi udah ga ada lagi sama kita. Dia langsung lemes ke pojokan, seolah bersedih sodaranya ga lagi sama kita.

Saat Gale membaik, Nogi yang pergi. Ini, seperti hukum alam. Hal buruk dan hal baik dengan cara yang tidak kita duga. Bisa berbarengan seperti situasi Nogi dan Gale. Gale yang sehat dan memberi kebahagiaan serta kelegaan buat kami, malah sekaligus menjadi kesedihan buat kami karena Nogi pergi tanpa berpamitan.  

Memang harus begini jalannya, memang harus beggini yang terjadi. Hanya butuh ikhlas, sambil mendoa semoga Nogi dapet tempat terbaik. Semoga dia ngejaga kami dari sana.

Karena inilah, anjing buat kami bukan sekedar peliharaan penjaga rumah, atau buat lucu-lucuan aja. Bagi kami, anjing yang kami pelihara itu juga bagian dari keluarga. Memelihara mereka tanggung jawabnya sama besar dengan menjaga anggota keluarga kita. 

Mereka juga butuh kasih sayang, perhatian. Mereka bukan cuma butuh diberi makan trus enggak diperhatiin lagi. Mereka juga butuh di belai, di peluk. Mereka juga bisa galau dan stress Bahkan mungkin, disaat terakhir mereka, mereka masih sempet ngibasin ekor buat sekedar bilang ‘enggak apa-apa, aku masih baik-baik aja, jangan terlalu sedih kalo nanti aku ga ada ya, sehat selalu’

Saran saya, kalo emang belom siap sama tanggung jawab yang diemban buat ngurus mereka, mending jangan coba-coba buat melihara daripada nanti si doggie enggak keurus, yang dosa juga kita karena menelantarkan mahluk ciptaan Tuhan.

Terimakasih Nogi sudah berkenan memberi saya kesempatan buat ngejaga Nogi walaupun cuma sebentar. Makasi udah nemenin Gale selama sakitnya. Salam rindu buat Nogi, baik-baik disana ya sayang. 

Terimakasih sudah berkenan membaca tulisan saya ini, ayo mulai sekarang sayangi peliharaan kalian ya sis. Dirawat baik-baik biar engga ada penyesalan seperti saya.


Foto terakhir Nogi sebelum mengmebuskan nafas terakhirnya di pelukan saya 



Posted By : Ni Nyoman Ayu Karyani | 6 Oktober 2017

Komentar

  1. Ayuuu aku sediihhh, aku ga berani sama binatang, tapi kalau denger cerita anjing atau binatang lain yang setia/baik sama manusia aku jadi terharu, ky film hachiko gtu kan bikin nangis bombay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh.. makanya tiap kali nonton hachiko selalu mewek heuheuheuu

      Hapus
  2. jadi ikut sedih banget hiiiks, udah kayak keluarga sendiri ya ayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba itha, nyesek banget waktu ditinggal.. tapi gpp lah, mgkin emg itu jalannya yg terbaik.. skrg cm bssa ngedoain aja dri sini biar nogi dpt tempat terbaik..

      Hapus
  3. Wah lucu sekali nogi๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜..semoga dia bahagia bersama Tuhan..saya juga pengen banget mba bisa melihara anjing tapi gak bisa๐Ÿ˜‘..ih jdi pengen liat foto Gale..kyk nya gagah bgt๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. mksi doanya ya teh..
      nti mgkin buat postingan selanjutnya gale muncul teh..
      ditunggu yaa..

      Hapus
  4. Huaaa.. sedih banget ayu.. :( .
    Disini juga ada anjing siberian husky yg sering godain Zaki. Zaki nya takut, tp penasar terus. Dan Miko (nama anjingnya) malah godain Zaki terus.

    Aku sepakat ayu.. kalo belum bisa bertanggung jawab jangan melihara dulu binatang. Karena berat banget tanggung jawabnya sebenernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus lo mba ren klo anak2 dket sma binatang..
      semoga nnti klo udh gdean dkit, zaki g tkut lgi sma guguk yaa

      Iya mba.. asli smpe skrg msh aja kebayang bayang nogi.. semoga tenang dianya di alam sana .. aamiin

      Hapus
  5. huhu sedih, sabar ya Mba Ayu, mudah-mudahan Nogi bahagia disisi-Nya karena udah ga kesakitan lagi, memang sebagian hewan bisa menjadi teman yang baik untuk kita, tapi aku sampai saat ini belum berani memelihara hewan karena takut gabisa menjaganya dengan baik.

    BalasHapus
  6. Duh bacanya pelan-pelan dan bener2 sampe perasaanya. Karena sejatinya makhluk hidup pasti punya perasaan ya Yu :( :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dha.. asli.. smua mahluk hdup itu berharga... dan saat dipanggilpun smua sudah diatur yaa..
      intinya berdoa smga mrka dpt tmpt trbaik

      Hapus
  7. Aku ngerasain bgt apa yg Mba Ayu rasain. Dulu aku juga punya peliharaan, namanya Arong (kucing). Saya sekeluarga udh sayang bgt sama dia. Malah suka tidur satu kasur. Suatu saat Arong sakit dan akhirnya meninggal. Sedih bgt Mba saat itu, hampir tiap malem aku suka nangis&inget dia. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tteh... ayu turut berduka yaa.. smoga aron dpt tmpt trbaik..
      g akan bisa lupa ya teh wlpun udh berthun2 dia ninggalin kita.. rsnya kehilangannya g bsa diungkapin

      Hapus
  8. Sabar ya mba ayu...nogi tahu banget kok, dan pastinya bersyukur punya mba ayu yang selama ini merawat dan menyayangi dia...��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh.. skrg emg cm bsa berdoa aja smoga dia dpt tempat terbaik..

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini, tinggalkan jejak-jejak yang baik ya sis..

Postingan Populer

Alumni 30 Hari Jago Blogging

Blogger Perempuan

Kumpulan Emak Blogger